8 Cara Ampuh Atasi Anak Susah Makan Sayur

Asupan makanan sehat sangatlah penting bagi pertumbuhan anak. Sayuran adalah salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi terutama serat dan vitamin. Oleh karena itu asupan sayuran sangat bagus untuk anak. Namun tidak semua anak menyukai sayuran. Banyak orang tua yang kawatir buah hatinya kurang asupan sayur. Berikut adalah lima cara ampuh atasi anak susah makan sayur.

8 Cara Atasi Anak Susah Makan Sayur

1. Ajari makan sayuran sejak kecil

Sejak Kecil Ajari Anak Makan Sayur

Sejak Kecil Ajari Anak Makan Sayur

Anak yang sudah terbiasa diajarkan untuk mengkonsumsi sayuran sejak dini biasanya tidak memiliki banyak masalah jika harus mengkonsumsi sayuran saat sudah besar. Karena hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang baik untuk anak. Cara ini juga harus dibarengi dengan lingkungan keluarga untuk ikut mengkonsumsi sayur.

2. Memasak sayur bersama

Cara ini juga patut dicoba. Mengajak anak memasak makanannya sendiri tentungan dengan pendampingan orangtua akan mengurangi ketakutan anak dengan sayur. Dengan memasak anak dapan mecicipi bagaimana rasa sayur olahannya. Cara ini juga dapat mengembangkan kreatifitas anak.

3. Menghias makanan dengan sayuran

Kreasi Bentuk Sayuran seperti Tokoh Kartun

Kreasi Bentuk Sayuran seperti Tokoh Kartun

Sayuran juga dapat dimanfaakan untuk mempercatik makaan. Sayuran dapat dipotong menjadi bentuk-bentuk yang lucu sehingga anak menjadi gembira dan ingin memakannya. Seperti memotong wortel dan mentimun menjadi bentuk hati. Cara ini juga ampuh untuk anak yang susah makan sayur.

4. Kenalkan berbagai jenis sayuran

Sering anak susah makan sayur beralasan karena jijik dan tidak tahu makanan atau sayuran apa yang akan mereka makan. Dengan mengenalkan berbagai macam sayur dan olahan sayur akan membuat anak lebih tertarik. Banyak sayuran yang memiliki berbagai bentuk dan warna tentunya akan membuat rasa ingin tahu anak bertambah. Berbagai olahan sayur juga perlu dikenalkan. Karena mungkin ada beberapa olahan khusus yang anak sukai.

5. Menanam sayur sendiri

Cara yang satu ini juga patut dicoba. Selain mengajak anak memasak sayurnya sendiri, menanam sendiri sayur yang akan dia masak juga akan membuat anak lebih tertarik. Cara ini juga sekaligus mengajarkan anak tentang berkebun. Berkebun juga akan membuat anak menjadi aktif bergerak. Anak yang aktif akan memmperlancar metabolisme tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Anak juga akan belajar tentang lingkungan.

6. Mengajak anak berbelanja sayuran

Cara ini cukup simpel dan mudah. Anda dapata mengajak anak saat berbelanja sayuran di pasar atau super market. Rasa ingin tahu yang tinggi pada anak tentunya akan membuat anak penasaran. Anda dapat mengajak anak memilih sayuran yang baik. Selain itu anak juga akan lebih mengenal tentang jenis-jenis sayuran. Hal tersebut tentunya akan membuat image sayuran pada anak menjadi baik. Selain itu mengajak anak berbelanja sayur juga dapat meningkatkan jiwa sosial anak.

7. Mengajak anak ke kebun wisata

Mengajak Anak Berkebun Tanam Sayuran

Mengajak Anak Berkebun Tanam Sayuran

Apabila anda kesusahan untuk membuat kebun sendiri di rumah, anda juga dapat mengajak anak untuk berkunjung ke kebun wisata. Kebun wisata ini tentunya yang menanam sayur mayur. Biasanya akan mudah dijumpai di area puncak atau dataran tinggi. Biasanya pengelola kebun wisata akan mengajak anda dan anak untuk ikut memanen bersama hasil sayuran dan buah. Selain menyenangkan kegiatan ini juga dapat mengisi liburan anak. Anak juga akan semakin suka dengan sayuran.

8. Hias rumah dengan motif-motif bertema sayuran

Cara ini berguna agar anak terbiasa dengan aneka sayuran yang ada di sekitar rumah. Contohnya ada memasang wallpaper bermotif sayuran, memasang lukisan sayuran dan sebagainya.

There are no reviews yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search