KENALI 7 CARA AMPUH MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Salah satu masalah anak yang sering dikeluhkan banyak orang tua adalah susahnya mengajak anak untuk makan teratur. Asupan gizi yang cukup adalah hal yang sangat esensial pada masa anak-anak. Perilaku anak yang susah makan dapat disebabkan karena berbagai faktor. Baik faktor dari dalam tubuh anak seperti kesehatan dan psikologis anak maupun dari luar seperti lingkungan keluarga dan tempat anak bermain.

7 Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Ampuh Atasi Anak Susah Makan

1. Memasak bersama anak

Dengan memasak bersama akan mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Anak juga dapat memilih sendiri jenis masakan yang akan dia masak dan tentunya akan disantap bersama saat sudah selesai memasak. Mengajari anak memasuk tentunya juga akan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi pada anak. Selian itu anak juga akan belajar menghargai hasil masakan sendirj maupun orang lain. Untuk permulaan dianjurkan memasak yang mudah dan menyenangkan. Seperti memasak telur, membuat kue, dan sebagainya.

2. Pola makan yang teratur

Salah satu penyebab anak susah makan adalah kacaunya pola makan anak. Hal ini tentu saja dapat diatasi dengan menjaga pola makan anak dan perhatian penuh dari orang tua. Menjaga pola makan anak memang sedikit susah. Apalagi untuk anak yang sudah mulai masuk sekolah, pastinya orang tua tidak bisa memberikan pengawasan penuh pada anak. Untuk menjaga pola makan anak ada dapat memberikan bekal pada anak saat sekolah, dan makan bersama keluarga setiap hari saat di rumah. Tips tambahan, bunda bisa berikan susu khusus agar anak lebih lahap makannya, baca disini.

3. Mengganti menu makan secara teratur

Anak-anak memang gampang bosan bahkan untuk urusan makan. Masalah ini dapat diatasi dengan mengganti menu makanan anak secara teratur. Sehingga akan membuat anak semangat untuk makan. Mengganti menu makanan bertujuan agar anak selalu suka masakan rumah. Rasa bosan dan jenuh akan masakan rumah juga akan berkurang. Akan lebih baik jika memasak sesuai dengan permintaan anak. Namun tetap jangan terlalu memanjakan anak degan menuruti semua permintaannya. Karena akan berpengaruh pada mental anak.

4. Menyajikan makanan dengan menarik

Untuk menarik perhatian anak agar mau menyantap makanannya, orang tua dapat menghias sajian makanan anak agar lebih menarik. Selain itu perasaan anak akan lebih gembira saat makan. Lebih mudahnya anda dapat menggunakan piring-piring yang memiliki desain yang lucu dan indah. Selain itu galas dan sedok juga yang berdesain warna-warni yang disukai oleh anak anda.

5. Mengajak anak untuk rajin olah raga

Dengan olah raga yang teratur menjadikan proses metabolisme anak menjadi lancar. Dan tentunya akan membuat mood anak menjadi baik. Dan gampang diajak makan. Selain itu anak juga akan sehat dan bugar. Olah raga teratur terbukti ampuh meningkatkan nafsu makan anak. Ajak anak anda untuk berolahraga mulai dari yang sederhana seperti berlari, jalan pagi, berseda, atau bisa juga dengan berenang.

6. Mengajak anak untuk makan di luar.

Alasan anak yang susah makan mungkin juga disebakan karena bosan dengan lingkungannya. Maka sesekali orangtua dapat mengajak anakya untuk makan di luar sesuai keinginan anak. Makan diluar rumah tidak harus di restoran atau rumah makan. Anda dapat mengajak anak makan di taman, atau berpiknik dengan membawa makanan sediri dari rumah.

7. Memberikan penambah nafsu makan

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan penambah nafsu makan kepada anak. Tentunya dengan dosis yang dianjurkan dokter. Selipkan juga vitamin pada makanan anak agar nafsu makannya bertambah bun.

There are no reviews yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search