7 Trik Jitu Atasi Anak Susah Makan Nasi

Mayoritas masyarakat indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Mengkonsusmsi nasi juga berfungsi sebagai sumber gula dan energi bagi tubuh. Bahkan banyak orang indonesia yang tidak kenyang jika belum memakan nasi. Dan hampir seluruh rumah makan menyediakan nasi di menu mereka. Namum apa jadinya jika anak tidak menyukai nasi ? Pastinya akan membuat bingung para orang tua. Berikut adalah trik jitu untuk atasi anak susah makan nasi.

7 Tips Mengatasi Anak Susah Makan Nasi

1. Menyajikan nasi dengan menarik

Beberapa anak yang susah untuk menyantap nasi adalah karena mereka bosan dengan nasi itu sendiri. Orang tua dapat mencoba untuk membuat bentu-bentuk lucu dari nasi untuk disajikan pada anak saat makan. Seperti membuat bentuk hati, tokoh kartun, tanaman, membuat tumpeng dan sebagainya. Hal ini akan membuat anak senang dan bahagia saat memakan nasi.

2. Variasi berbagai olahan nasi

Kreasi Olahan Nasi sesuai Karakter Kartun Anak

Kreasi Olahan Nasi sesuai Karakter Kartun Anak

Rasa nasi putih memang sedikit hambar. Mungkin hal itulah yang membuat anak bosan menyantap nasi. Dengan membuat olahan nasi yang lain mungkin akan membuat anak tidak bosan. Seperti membuat nasi kuning, nasi uduk, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Diolah pula dengan bentuk yang menarik sesuai karakter kartun yang disukai sikecil juga bisa menjadikan anak menyantap masakan bunda. Namun jangan sandingkan nasi dengan olahan karbohidrat lain.

3. Kurangi cemilan untuk anak

Cemilan juga sering menjadi alasan utama anak susah makan nasi. Karena mungkin anak akan lebih memilih membeli cemilan daripada menyantap nasi. Cemilan juga akan membuat kadar gula anak meningkat sehigga anak akan malas makan. Dengan membatasi cemilan anak akan membuat asupan anak menjadi seimbang. Cemilan juga kadang dapat menimbulkan kecanduan.

4. Memasak bersama anak

Ajak Anak Memasak Bersama di Dapur

Ajak Anak Memasak Bersama di Dapur

Mengajak anak untuk ikut memasak juga patut dicoba. Ini juga bertujuan untuk menghilangkan rasa bosan anak untuk memakan nasi. Anak akan lebih tertarik jika memakan hasil masakannya sendiri yang tentu saja didampingi oleh orang tua. Anak juga akan aktif dan belajar menghargai masakan orang. Serta dapat mendekatkan ikatan anak dan orang tua. Saat mengajari anak memasak nasi, sebisa mungkin libatkan anak di setiap tahapan pembuatan nasi. Dari mulai mencuci beras, hingga menghias olahan nasi.

baca juga => 8 Jenis Susu Untuk Anak Susah Makan

5. Selingi dengan makanan lain

Untuk menghilangkan rasa bosan anak akan masakan nasi. Dapat dicoba untuk menyeilingi dengan makanan pokok lain seperti jagung, kentang, olahan gandum. Orang tua dapat membuat jadwal agar menu yang disajikan tiap hari tidak membosankan. Selain itu produk sereal juga dapat anda coba karena beberapa olahan sereal juga ada yang menggunakan bahan pokok beras.

6. Mencoba dengan bubur beras

Anak makan dengan Bubur Beras Mpasi

Anak makan dengan Bubur Beras Mpasi

Beberapa alasan anak tidak suka memakan nasi dikarenakan bentukn dan teksturnya. Anda dapat membuatkan bubur nasi atau bubur beras yang memiliki tekstur lebih lembut dari nasi. Tekstur bubur yang lembut biasanya lebih disukai oleh anak-anak.

7. Mencoba nasi jenis baru

Nasi berbahan dasar beras. Beras sendiri ada berbagai jenis. Selain beras putih ada juga beras merah, beras hitam, dan beras ketan. Cobalah membuat olahan atau makanan menggunakan jenis-jenis beras tersebut. Siapa tau buah hati anda menyukai salah satunya. Jenis-jenis beras tersebut memiliki kebebihan masing-masing. Seperti beras merah yang rendah gula, beras ketan yang memiliki tekstur lebih kenyal biasanya digunakan untuk olahan kue. Sedangkan beras hitam cukup sulit ditemukan. Harga dari masing-masing jenis beras juga berbeda. Yang paling mahal biasanya jenis beras merah dan beras hitam.

baca lagi artikel => Cara Jitu Atasi Anak Susah Makan Sayur

There are no reviews yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search